Entri Populer

Selasa, 31 Desember 2013

ABSTRAK SKRIPSI PEMBELAJARAN KEGIATAN ESKTRAKURIKULER SENI TARI DI TK HANG TUAH BANJARMASIN

ABSTRAK

Ari Santoso, 2013.Pembelajaran Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di TK Hang Tuah Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP UNLAM.Pembimbing (I) Edlin Yanuar Nugraheni, S.Sn.,M.Sn, (II) Dra. Maria LAS, M.Pd.
Kata kunci : Pembelajaran, Kegiatan Ekstrakurikuler, Seni Tari
TK Hang Tuah Banjarmasin merupakan salah satu TK yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Setiap tahunnya mengadakan pentas seni untuk perpisahan, mengikuti lomba-lomba dan penampilan-penampilan yang berkaitan dengan kesenian khususnya seni tari. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin?, (2) Bagaimana penilaian pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin, (2) Hasil penilaian pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin yang meliputi penilaian aktivitas pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin.
Penelitian ini dilakukan di TK Hang Tuah Banjarmasin pada bulan April 2013 sampai dengan Juli 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik ekstrakurikuler seni tari. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara penilaian bersifat subjektif dari aktivitas pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Cara pengambilan penilaian aktivitas pengajar ialah penilaian 1 yaitu aktivitas pengajar dalam pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan dengan kurang baik, 2 dilaksanakan dengan cukup baik, 3 dilakukan dengan baik, 4 dilaksanakan dengan sangat baik. Cara pengambilan penilaian aktivitas peserta didik adalah anak yang mendapatkan bintang satu (*) berarti belum berkembang (BB), (**) mulai berkembang (MB), (***) berkembang sesuai harapan (BSH), (****) berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari mempunyai beberapa tahapan yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir. Hasil penilaian aktivitas pengajar ekstrakurikuler seni tari dilakukan dengan baik (penilaian 3). Hasil aktivitas anak dari (*) belum berkembang menjadi (***) berkembang sesuai harapan.