ABSTRAK
Ari Santoso, 2013.Pembelajaran Kegiatan
Ekstrakurikuler Seni Tari di TK Hang Tuah Banjarmasin.Skripsi Program Studi
Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra
FKIP UNLAM.Pembimbing (I) Edlin Yanuar Nugraheni, S.Sn.,M.Sn, (II) Dra. Maria
LAS, M.Pd.
Kata kunci :
Pembelajaran, Kegiatan Ekstrakurikuler, Seni Tari
TK Hang Tuah Banjarmasin merupakan salah satu TK yang menyelenggarakan
kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Setiap tahunnya mengadakan pentas seni
untuk perpisahan, mengikuti lomba-lomba dan penampilan-penampilan yang
berkaitan dengan kesenian khususnya seni tari. Masalah yang dirumuskan dalam
penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler
seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin?, (2) Bagaimana penilaian pembelajaran kegiatan
ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler
seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin, (2) Hasil penilaian pembelajaran kegiatan
ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin yang meliputi penilaian
aktivitas pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik yang mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler seni tari di TK Hang Tuah Banjarmasin.
Penelitian ini dilakukan di TK Hang Tuah Banjarmasin pada bulan April
2013 sampai dengan Juli 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitiannya adalah pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik
ekstrakurikuler seni tari. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi.
Analisis data dilakukan dengan cara penilaian bersifat subjektif dari aktivitas
pengajar ekstrakurikuler seni tari dan peserta didik yang mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler seni tari. Cara pengambilan penilaian aktivitas pengajar ialah penilaian 1 yaitu aktivitas pengajar
dalam pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan dengan
kurang baik, 2 dilaksanakan dengan cukup baik, 3 dilakukan dengan baik, 4
dilaksanakan dengan sangat baik. Cara pengambilan penilaian aktivitas
peserta didik adalah anak yang mendapatkan bintang satu (*) berarti belum berkembang (BB), (**) mulai
berkembang (MB), (***) berkembang sesuai harapan (BSH), (****) berkembang
sangat baik (BSB).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan ekstrakurikuler seni
tari mempunyai beberapa tahapan yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir. Hasil
penilaian aktivitas pengajar ekstrakurikuler seni tari dilakukan dengan baik
(penilaian 3). Hasil aktivitas anak dari (*) belum berkembang menjadi (***)
berkembang sesuai harapan.